Mengganti Warna Tab
Anda bisa mengganti warna tab di Excel spreadsheet. Klik tab yang akan diwarnai, lantas pilih menu [Format] [Sheet] [Tab Color]. Tentukan warna dan klik [OK].
Menambah Tanggal dan Waktu
Untuk menambah tanggal pada Cell, tekan [Ctrl] sembari menekan Colon/Semicolon. Demikian juga untuk menambahkan waktu, tekan [Ctrl] + [Shift] sambil menekan Colon/Semicolon.
Mengurutkan Data
Anda bisa mengatur ulang data di spreadsheet dengan mengeklik kotak yang ada di pojok kiri atas. Lantas pilih [Data] [Sort]. Pada jendela Sort, pilih kolom yang akan Anda urutkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Format Table dengan Style - Excel 2007
· Menggunakan Table Style untuk Membuat Table
a. Pada lembar kerja, pilih kelompok sel yang ingin diformat sebagai table.
b. Pada tab Home dalam grup Styles, klik Format as Table.
c. Pilih table style yang diinginkan pada bagian Light, Medium, atau Dark.
d. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Format As Table.
e. Centang kotak My table has headers, apabila table yang dibuat memiliki header (judul kolom). Kemudian klik OK.
· Mengganti Table Style
f. Klik sel pada table yang ingin diganti style-nya untuk menampilkankan tab Design padaTable Tools.
g. Klik tab Design. Pada grup Table Style, pilih style yang diinginkan.
· Menggunakan Table Style Options untuk Memformat Elemen Table
h. Klik sel pada table yang ingin diformat untuk menampilkankan tab Design pada Table Tools.
i. Pada grup Table Style Options:
o Untuk menampilkan/menghilangkan baris header, centang/kosongkan kotak Header Row.
o Untuk menampilkan/menghilangkan baris total, centang/kosongkan kotak Totals Row.
o Untuk membuat/menghilangkan format khusus pada kolom pertama table, centang/kosongkan kotak First Column.
o Untuk membuat/menghilangkan format khusus pada kolom terakhir table, centang/kosongkan kotak Last Column.
o Untuk membuat/menghilangkan format yang berbeda pada baris ganjil dan genap, centang/kosongkan kotak Banded Rows. Format ini membantu mempermudah membaca data pada table.
o Untuk membuat/menghilangkan format yang berbeda pada kolom ganjil dan genap, centang/kosongkan kotak Banded Columns. Format ini membantu mempermudah membaca data pada table.
Cara Mengisi Bentuk Chart dengan Gambar di Excel 2003/2007
Ada banyak pilihan untuk mengisi bentuk chart, yaitu dengan memberinya warna, gradien, teksturdan gambar.Tutorial kali ini akan membahas cara mengisi bentuk chart dengan gambar seperti contoh di atas.
a. Cara Mengisi Bentuk Chart di Excel 2003
· Klik kanan pada bagian chart yang ingin diformat dan pilih Format Data Series.
· Pada kotak dialog Format Data Series, tab Patterns, klik FillEffects.
· Pada kotak dialog FillEffects, tab Picture, klik Select Picture.
· Cari gambar yang ingin digunakan dan klik Insert.
· Klik OK dua kali untuk menutup kotak dialog.
b. Cara Mengisi Bentuk Chart di Excel 2007
· Klik bagian chart yang ingin diformat untuk menampilkan Chart Tools.
· Pada Format tab, grup ShapeStyles, klik ShapeFill dan pilih Picture.
· Cari gambar yang ingin digunakan dan klik Insert.
Menyimpan File Microsoft Excel Dengan Password
Untuk menyimpan file atau dokumen dengan diberi password dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka file excel anda yang akan di password.
2. Pilih menu file –> Save as, selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As.
3. Klik tools –> General Options
4. Pilih
dan klik Password to open lalu ketik name misalnya “berkat”, agar
lembar kerja hanya dibuka bisa oleh yang mengetahui passwordnya. Klik
password to modify, ketik password misalnya “berkat”, agar lembar kerja
hanya bisa disunting atau dimodifikasi oleh yang mengetahui passwordnya.
Lalu tekan OK
5. Setelah
itu akan muncul kotak dialog. Ketik reenter password to proceed berkat
(password). Langkah ini perlu untuk menghindari kesalahan ketik
password. Klik OK.
6. Ketik file name misalnya “File_Rahasia” lalu save.
7. Untuk menguji apakah sudah benar pemberian password, bukalah file File_Rahasia.xls
8. Kemudian akan tampil kotak dialog, lalu isi dengan password yang anda masukkan tadi.
9. Klik OK, jika password anda benar maka secara otomatis akan masuk ke file excel tersebut. Cara menghitung sederhana di Microsoft Excel
- Penambahan. Untuk melakukan penambahan, kita bisa menggunakan rumus yang bernama SUM. Caranya adalah dengan mengklik cell, lalu tulis =SUM(data1;data2). Jika kita mempunyai banyak data, maka kita hanya cukup drag / blok semua data yang ingin ditambahkan.
- Pengurangan. Untuk pengurangan, kita hanya perlu menuliskan rumus seperti biasa yaitu =(data1-data2) lalu tekan enter.
- Perkalian. Rumus untuk perkalian di excel juga cukup mudah yaitu menggunakan rumus =(data1*data2) kemudian tekan enter.
- Pembagian. Pembagian di excel juga mempunyai rumus yang sederhana yaitu =(data1/data2) dan untuk mengakhiri bisa menekan enter.
- Mencari nilai minimum. Untuk mencari nilai yang paling kecil dalam suatu data yang banyak, kita memerlukan rumus MIN. caranya adalah =MIN(blok data yang ingin dicari nilai yang paling kecil) lalu tekan enter.
- Mencari nilai maksimum. Jika ingin mencari nilai maksimum, kita perlu menggunakan rumus MAX. Cara penggunaannya adalah =MAX(blok semua data yang ingin dicari nilai maks).
- Mencari rata-rata. Untuk mencari rata-rata kita bisa menggunakan rumus average. Cara penggunaannya adalah =AVERAGE(blok data yang ingin dicari rata-ratanya).
Sumber :
http://inilahjawabannya.blogspot.com/2010/05/tips-dan-trik-penggunaan-ms-excel.html
http://www.teknologiku.info/cara-menghitung-sederhana-menggunakan-ms-excel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar